TUGAS UJIAN AKHIR SEMESTER
TIK
RESUME TIK
Dosen Pengampu: Dr. Robinson Situmorang
Oleh: Iin Andini
- Pergeseran
Paradigma Pembelajaran dan Paradigma TIK
Pendidikan berbasis TIK adalah Suatu pendekatan
pembelajaran yang mengoptimalkan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai medium
penyampai pesan dalam belajar.
Adapun
Pendekatan TIK dalam Pendidikan, yaitu dimulai dari masuknya media dalam pembelajaran, berkembangnya teknologi AVA, masuknya teknologi komputer dalam pendidikan memicu lahirnya ragam pendidikan berbasis TIK. Oleh karena itu, muncullah
beragam pendidikan berbasis TIK antara lain: Distance Education, Dual Mode Education, Virtual Education, Virtual
University, Virtual School, dll.
Selanjutnya,
tren TIK dalam Pembelajaran meliputi, integrasi, konvergensi, interaktif, On-line/jaringan. Pendidikan harus berbasis TIK adalah untuk mencapai
mobilitas yang tinggi. Oleh karena itu, perkembangan teknologi informatika
memicu lahirnya berbagai model pembelajaran yang berbasis komputer antara lain E-learning, Online Learning, Blended
Learning, Mobile
Learning.
Namun, dalam perkembangan TIK
ada beberapa kendala terbesar, yaitu (1) kontrol ada ditangan pengguna; (2)
tidak ada sentuhan kemanusian; (3) sumber
daya manusia desain instrusional terbatas.
- Sejarah Perkembangan TIK dalam Pendidikan
Sejarah
perkembangan TIK memiliki beberapa pandanngan. Berikut adalah sejarah
perkembangan TIK.
Sejarah
perkembangan TIK terbagi atas tiga periode, yaitu masa pra-sejarah, masa
sejarah, dan masa moderen.
- MasaPra-Sejarah
(...s/d 3000 SM)
Pada awalnya Teknologi Informasi yang dikembangkan
manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk
yang mereka kenal, (1) mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada
dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya; (2) mereka mulai
melakukan pengidentifikasian benda-benda yang ada disekitar lingkungan mereka
tinggal dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang kemudian mereka lukis pada
dinding gua tempat mereka tinggal; (3) mereka menciptakan dan menggunakan
alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang
terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan
terhadap bahaya.
- Masa Sejarah
(3000 SM s/d 1400-an M)
Pada masa ini Teknologi Informasi belum menjadi teknologi
masal seperti yang kita kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan
oleh kalangan-kalangan terbatas saja, masih bersifat khusus dan harganya mahal.
3000 SM.
Untuk yang pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan
menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf.
Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda(penyebutan), sehingga mampu menjadi kata, kalimat dan bahasa.
Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda(penyebutan), sehingga mampu menjadi kata, kalimat dan bahasa.
2900 SM. Penggunakan
huruf Hierogliph pada bangsa Mesir
Kuno. Hierogliph merupakan bahasa simbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol
yang berbeda. Ketika digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan
dan arti yang berbeda, bentuk tulisan dan bahasa hierogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa
Sumeria.
500 SM. Serat
Papyrus digunakan sebagai kertas.
Kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil ini
menjadi media menulis/media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan
dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi.
105 M. Bangsa
Cina menemukan Kertas yang kita kenal sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang
dihaluskan, disaring, dicuci kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini
juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu
yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan
sistem Cap.
- Masa Modern (
1400-an M s/d sekarang )
Tahun 1455. Mesin
Cetak yang menggunakan plat huruf yang tebuat dari besi yang bisa diganti-ganti
dalam bingkai yang tebuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya
oleh Johann Gutenberg.
Tahun 1830. Augusta
Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia berkerjasama dengan
Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya.
Yang didesain mampu memasukan data, mengolah data dan menghasilkan bentuk
keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital
yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat
digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC I dibentuk.
Tahun 1837.
Samuel Morse mengembangkan Telegraph dan bahasa kode Morse bersama Sir William
Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara 2 tempat
yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut.
Pengiriman dan Penerimaan Informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat
yang hampir bersamaan waktunya. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat
diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh
jarak dan waktu.
Tahun 1861.
Gambar bergerak yang proyeksikan kedalam sebuah layar pertama kali di gunakan
sebagai cikal bakal film sekarang. Tahun 1876 Melvyl Dewey mengembangkan sitem
penulisan desimal.
Tahun 1877. Alexander Graham Bell
menciptakan dan mengembangkan Telepon yang dipergunakan pertama kali secara
umum. Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edweard Maybridge.
Tahun 1899.
Dipergunakan sistem penyimpanan dalam Tape
(pita) Magnetis yang pertama.
Tahun 1923. Zvorkyn
menciptakan tabung TV yang pertama
Tahun 1940.
Dimulainya pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi pada masa
Perang Dunia II yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan
dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.
Tahun 1945.
Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan Hypertext.
Tahun 1946. Komputer
digital pertama didunia ENIAC I dikembangkan.
Tahun 1948. Para
peneliti di Bell Telephone mengembangkan Transistor.
Tahun 1957. Jean
Hoerni mengembangkan transistor Planar. Teknologi ini memungkinkan pengembangan
jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal
silikon. USSR Rusia pada saat itu meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi
buatan yang pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika
membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) dibawah kewenangan Departemen
Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi
dalam bidang Militer.
Tahun 1962. Rand
Paul Barand dari perusahaan RAND, ditugaskan untuk mengembangkan suatu sistem
jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran
peluru kendali dalam perang Nuklir.
Tahun 1969.
Sistem jaringan yang pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 nodes (titik),
antara University of California, SRI (Stanford), University California of Santa
Barbara, dan University of Utah.dengan kekuatan 50Kbps.
Tahun 1972. Ray Tomlinson
menciptakan program e-mail yang pertama.
Tahun 1973 – 1990.
Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian
dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian difkenal dengan
nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA, 1981 National Science
Foundation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps
untuk setiap institusi dalam pemerintahan. kemudian pada tahun 1986 IETF
mengembangkan sebuah Server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantara;
DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway.
Tahun 1991- Sekarang.
Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam
menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. Tahun 1992 pembentukan komunitas
Internet, dan diperkenalkannya istilah World Wide Web oleh CERN. 1993, NSF membentuk InterNIC untuk
menyediakan jasa pelayanan Internet menyangkut direktori dan penyimpanan data
serta database (oleh AT&T), Jasa Registrasi oleh Network Solution Inc, dan
jasa Informasi oleh General Atomics/CERFnet. 1994 pertumbuhan Internet melaju dengan sangat cepat dan mulai
merambah kedalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak
dapat dipisahkan dari manusia. 1995,
Perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di
Backbone, langkah ini memulai pengembangan Teknologi Informasi khususnya
Internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang
lebih canggih.
Selanjutnya, sejarah pemanfaatan TIK dalam pendidikan
dapat pula dibagi atas lima fase sebagai berikut.
- Fase Pertama
Fase ini berlangsung pada akhir 1970an hingga awal 1980an
merupakan fase programming, drill and practice. Fase ini ditandai dengan
penggunaan perangkat lunak komputer yang menyajikan latihan-latihan praktis dan
singkat, khususnya untuk mata pelajaran matematika dan bahasa. Latihan-latihan
ini hanya dapat menstimulasi memori jangka pendek.
- Fase Kedua
Fase ini berlangsung pada akhir 1980an hingga awal 1990an
merupakan fase computer based training
(CBT) with multimedia (latihan berbasis komputer dengan multimedia). Fase
ini adalah era keemasan CD-ROM dan komputer multimedia. Penggunaan CD-ROM dan
komputer multimedia ini diharapkan memberikan dampak signifikan terhadap proses
pembelajaran, karena kemampuannya menyajikan kombinasi teks, gambar, animasi,
dan video.
- Fase Ketiga
Fase ini berlangsung pada awal 1990an adalah fase Internet-based training (IBT) (latihan
berbasis internet.). Pada fase ini,
internet digunakan sebagai media pembelajaran. Hanya saja, pada saat itu, masih
terbatas pada penyajian teks dan gambar. Penggunaan animasi, video dan audio
masih sebatas ujicoba, sehingga dirasakan pemanfaatannya belum maksimal untuk
dapat menfasilitasi pembelajaran.
- Fase Keempat.
Fase ini berlangsung pada akhir 1990an hingga awal 2000an
adalah fase e-learning yang merupakan fase kematangan pembelajaran berbasis
internet. Sejak itu situs web yang menawarkan e-learning semakin bertambah,
baik berupa tawaran kursus dalam bentuk e-learning maupun paket LMS (learning
management system).
- Fase Kelima
Fase ini
berlangsung pada akhir 2000 adalah fase
social software + free and open
content. Fase ini ditandai dengan banyak bermunculannya perangkat lunak
pembelajaran dan konten pembelajaran gratis yang mudah diakses baik oleh guru
maupun siswa, yang selanjutnya dapat diedit dan dimanipulasi sesuai dengan
kebutuhan.
- Fungsi TIK
Fungsi TIK pada umumnya memiliki dua fungsi, yaitu
sebagai sumber belajar dan sebagai media pembelajaran.TIK sebagai sumber
belajar memiliki manfaat untuk menjawab
kebutuhan informasi, layanan yang cepat
dan murah, memberikan informasi terkini.
- TIK sebagai
Sumber Belajar
TIK sebagai sumber belajar untuk menjawab kebutuhan
informasi, memiliki fungsi antara lain (1) mengintegrasikan TIK sebagai sumber
belajar, (2) memastikan alat-alat situs yang akan dikunjungi, (3) mengembangkan
LKS berbasis PBK, dan membuat lembar refleksi diri.
TIK sebagai sumber belajar yang memberikan layanan
cepat-murah memiliki fungsi, yaitu meninggalkan kebiasaan satu sumber belajar,
menggunakan aneka sumber belajar, dan mengefektifkan penggunaan internet. Selanjutnya, TIK sebagai sumber belajar
menyediakan informasi cepat dan terkini. Cepat artinya,terkoneksi ke semua
sistem jaringan perpustakaan. Terkini artinya, informasi secara teratur
diperbaharui.
- TIK sebagai Media
Pembelajaran
TIK sebagai media pembelajaran memiliki dua tujuan, yaitu
tujuan utama dan tujuan khusus. Tujuan utamanya agar pesan yang disampaikan
mudah dimengerti oleh peserta didik.
Selanjutnya, tujuan khusus TIK
sebagai media pembelajaran adalah (1) memberi
pengalaman belajar yang berbeda; (2) menumbuhkan sikap dan keterampilan BTI;
(3) menciptakan situasi belajar menyenangkan; (4) menjadikan belajar lebih
efektif, efisien dan bermakna; (5)
membuka peluang belajar dimana saja dan kapan saja; (6) memberikan motivasi
belajar kepada siswa; (7) mejadikan belajar sebagai kebutuhan.
Adapun
kendala TIK adalah (1) kesulitan dalam
Pengembangan; (2) programinfrastruktur
yang belum memadai ; (3) SDM yang terbatas (pengelola); (4) gagap teknologi
(peserta); (4) kultur belajar yang sulit berubah; (5) luasnya wilayah
jangkauan; (6) belum meratanya kualitas
penerimaan pesan.
- Penerapan
TIK (CBL) dalam Pembelajaran
(Off-Line)
TIK
merupakan kombinasi teknologi informasi dan
teknologi komunikasi dalam satu medium komputer.
Pada komputer CBL (off-line)
PBL meliputi pemrosesan konsep,
drill, tutorial, games, simulasi, CD
interaktif.
Integrasi
seluruh komponen dan multimedia meliputi interaktif, transisi, audio, visual,
warna, animasi, dan Hypertexs. Pada pembelajaran dengan menggunakan CBL (off-line) dari TCL ke SCL akan berdampak
pada siswa, guru, pengelola, dan industri.
E. Penerapan
TIK (CBL) dalam Pembelajaran (On-Line)
1. On-line
Learning
CBL (On-Line learning) menggunakan Web Based Learning merupakan pemanfaatan
internet sebagai sumber belajar atau informasi. Adapun implikasi pemanfaatan
WBL.
2. E-learning
E-learning
dengan Technology Based Learning
merupakan pemanfaatan teknologi elektronik sebagai media pembelajaran. Adapun
implikasi penggunaan E-L adalah (1) pengembangan sistem pembelajaran ke BL; (2)
tersedianya sistem jaringan yang memadai; (3) peningkatan kualifikasi SDM.
3. Disatance
Learning
Distance learning dengan integrated system merupakan pemanfaatan
teknologi elektronik dan jaringan sebagai sistem pembelajaran. Penerapan Distance
Learning ialah untuk pendidikan jarak jauh, khususnya SMP Terbuka dan
universitas terbuka.
F. Penerapan
TIK sebagai Kajian Studi dalam Program Studi
- Penerapan
TIK dalam Pembelajaran pada Tingkat Perguruan Tinggi Pada Mata Kuliah
Bahasa Inggris
Sistem pembelajaran jarak jauh berbasis web adalah suatu
pertemuan antara tiga perkembangan teknologi dan tradisi, yaitu: distance
learning, computer-conveyed education, dan teknologi internet [Horton, 2000]. Pada
sistem Distance Learning aplikasi
komputer untuk sistem pembelajaran jarak jauh digolongkan menjadi empat
kategori [Gottschalk, 2004]: (1) Computer
Assisted Instruction (CAI); (2) Computer Managed Instruction (CMI); (3) Computer Mediated Communication (CMC);
(4) Computer Based Multimedia (CBM).
Berdasarkan keempat kategori diatas Computer Based
Multimedia (CBM) di pilih sebagai kategori yang dapat dikembangkan dalam
pembelajaran bahasa Inggris pada tingkat perguruan tinggi, karena dianggap
paling interaktif. Sesuai dengan tujuan pembelajaran bahasa Inggris yang
menitikberatkan perolehan kemampuan mahasiswa pada empat komponen utama, yaitu reading, speaking, listening, dan writing. Oleh karena itu, media
teknologi informasi komunikasi menjadi hal yang sangat penting dalam melaksanakan
proses pembelajaran tersebut.
Melalui kategori Computer
Based Multimedia dikembangkanlah suatu sistem pembelajaran Distance Learning berbasis web dengan
tiga tahapan proses. Untuk itu diperlukan pemaparan proses-proses yang
membentuk sistem secara global, sebagai berikut.
Proses Login:
proses ini dilakukan oleh dosen bahasa Inggris, mahasiswa yang mengambil mata
kuliah bahasa Inggris dan administrator sebelum mengakses halaman sistem.
Proses Jelajah
Informasi (browsing):
proses ini dapat dilakukan oleh setiap pengunjung situs (web), baik mahasiswa
maupun guest. Guest mendapatkan
informasi yang bersifat umum terutama berkaitan dengan informasi perkuliahan
mata kuliah bahasa Inggris. Untuk mahasiswa yang telah melakukan login
dapat mengakses informasi berkaitan dengan materi perkuliahan yang diberikan
oleh dosen pengajar mata kuliah bahasa Inggris. Materi meliputi seluruh
komponen yang terdapat dalam silabus berdasarkan rencana proses pembelajaran
yang telah di buat sebelumnya.
Proses Manipulasi Data: proses iniberkaitan dengan pengisia, pengupdate-an, maupun penghapusan materi yang terdapat di dalam sistem. Proses ini hanya dapat dilakukan oleh dosen mata kuliah bahasa Inggris dan administrator sistem.
Proses Manipulasi Data: proses iniberkaitan dengan pengisia, pengupdate-an, maupun penghapusan materi yang terdapat di dalam sistem. Proses ini hanya dapat dilakukan oleh dosen mata kuliah bahasa Inggris dan administrator sistem.
- Penerapan TIK
(teknologi informasi dan komunikasi) dalam Pembelajaran Biologi pada
Tingkat SMA
Penggunaan TIK di sekolah sangatlah berbeda dimana hampir
tidak mungkin untuk membuat daftar semua aplikasi yang memungkinkan. Taylor mengatakan
bahwa terdapat tiga peranan komputer di kelas, yaitu sebagai 3 T (Tutor, Tool, dan Tutee). Pengenalan TIK
pada pelajaran Biologi bukan hanya mendapatkan tingkat pengetahuan tapi juga
sikap pada biologi dengan baik . Sebagai guru biologi atau ilmu lainnya,
seharusnya bisa membedakan dua kelompok aplikasi ini.
Pada grup pertama
merupakan aplikasi generic yang
digunakan pada semua subyek, seperti “word
processing”, pencarian informasi, komunikasi dengan menggunakan email, dan
presentasi multimedia.
Grup kedua
ialah grup yang mengadaptasi pengembangan yang digunakan dalam pengajaran ilmu seperti:
(1) sistem pengimajinasian dalam microscopy; (2) virtual dissections (analisa virtual); (3) simulasion; (4) latihan
laboratorium yang sesungguhnya dengan sistem pencapaian data.
Kemunculan TIK dalam mata pelajaran Biologi di SMA ini
dinilai mampu memberikan dampak positif untuk para siswa, sehingga TIK
mengambil peran yang sangat luar biasa di dalam mendukung terjadinya proses
belajar dalam lingkup Biologi antara lain adalah sebagai berikut:
a) Active:
memungkinkan siswa dapat terlibat aktif oleh adanya proses belajar Biologi yang
menarik dan bermakna.
b) Constructive:
memungkinkan siswa dapat menggabungkan ide-ide baru kedalam pengetahuan Biologi
yang telah dimiliki sebelumnya untuk memahami makna atau keinginan tahuan dan keraguan
yang selama ini ada dalam benaknya.
c) Collaborative:
memungkinkan siswa dalam suatu kelompok atau komunitas yang saling bekerjasama,
berbagi ide, saran atau pengalaman, menasehati dan memberi masukan untuk sesama
anggota kelompoknya.
d) Intentional:
memungkinkan siswa dapat secara aktif dan antusias berusaha untuk mencapai
tujuan yang diinginkan.
e) Conversational:
memungkinkan proses belajar Biologi secara inheren merupakan suatu proses
sosial dan dialogis dimana siswa memperoleh keuntungan dari proses komunikasi
tersebut baik di dalam maupun luar jam pelajaran.
f) Contextualized:
memungkinkan situasi belajar Biologi diarahkan pada proses belajar Biologi yang
bermakna (real-world) melalui pendekatan ”problem-based atau case-based
learning”.
g) Reflective:
memungkinkan siswa dapat menyadari apa yang telah ia pelajari serta merenungkan
apa yang telah dipelajarinya sebagai bagian dari proses belajar Biologi itu
sendiri.
- Penerapan TIK
dalam Pembelajaran Tingkat SMP Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Penerapan TIK dalam pembelajaran bahasa Inggris pada
tingkat SMP menggunakan multimedia. Multimedia yang dimaksud dalam konteks paradigma baru
diasumsikan sebagai penggunaan banyak media (teks, grafis, gambar, foto, audio,
animasi dan video) atau paling tidak bermakna lebih dari satu media, yang
digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran secara bersama-sama guna
mencapai suatu tujuan pembelajaran tertentu.
Program multimedia
sebagai media pembelajaran yang juga merupakan program pembelajaran berbantuan
komputer (CAI) bisa dikelom-pokkan dalam format penyampaian pesannya (Hardjito,
2004) sebagai berikut:
- Tutorial
Program ini
merupakan program yang dalam penyampaian materinya dilakukan secara tutorial. Informasi
yang berisi suatu konsep disajikan dengan teks, gambar baik diam atau bergerak,
dan grafik. Pada saat pengguna dianggap telah membaca, menginterpretasi, dan menyerap
konsep itu diajukan serangkaian pertanyaan atau tugas. Jika jawaban atau respon
pengguna benar, dilanjutkan dengan materi berikutnya. Jika jawaban atau respon
pengguna salah, maka pengguna harus mengulang memahami konsep tersebut secara
keseluruhan ataupun pada bagian-bagian tertentu saja (remedial). Pada bagian
akhir biasanya akan diberikan serangkaian pertanyaan yang merupakan tes untuk
mengukur tingkat pemahaman pengguna atas konsep atau materi yang disampaikan.
- Drill and practice
Format ini
dimaksudkan untuk melatih pengguna sehingga memiliki kemahiran dalam suatu
keterampilan atau memperkuat penguasaan suatu konsep. Program menyediakan
serangkaian soal atau pertanyaan yang biasanya ditam-pilkan secara acak sehingga
setiap kali digunakan, soal atau pertanyaan yang tampil selalu berbeda, atau dalam
kombinasi yang berbeda. Program ini dilengkapi dengan jawaban yang benar
lengkap dengan penjelasannya sehingga diharapan pengguna akan bisa pula
memahami suatu konsep tertentu. Pada
bagian akhir, pengguna bisa melihat skor akhir yang dia capai, sebagai
indikator untuk mengukur tingkat keberhasilan dalam memecahkan soal-soal yang
diajukan.
- Simulasi
Program multimedia
dengan format ini mencoba menyamai proses dinamis yang terjadi di dunia nyata,
yaitu untuk mensimulasikan pesawat terbang, yaitu pengguna seolah-olah melakukan aktivitas
menerbangkan pesawat terbang, menjalankan usaha kecil, atau pengendalian pembangkit
listrik tenaga nukiïr dan lain-lain. Pada dasmya format ini mencoba memberikan
pengalaman masalah dunia nyata yang biasanya berhubungan dengan suatu resiko,
seperti pesawat akan jatuh atau menabrak, perusahaan akan bangkrut, atau
terjadi malapetaka nuklir.
- Percobaan atau eksperimen
Program
menyediakan serangkaian peralatan dan bahan, kemudian pengguna bisa melakukan
percobaan atau eksperimen sesuai petunjuk. Selanjutnya, mengembangkan eksperimen-eksperimen lain
berdasarkan petunjuk tersebut. Diharapkan pada akhirnya pengguna dapat
menjelaskan suatu konsep atau fenomena tertentu berdasarkan eksperimen yang
mereka lakukan secara maya tersebut.
- Permainan
Program multimedia
berformat diharapkan terjadi aktivitas
belajar sambil bermain. Dengan demikian pengguna tidak merasa bahwa mereka
sesungguhnya sedang mempelajari suatu konsep. Perkembangan tersebut juga telah
menghasilkan produk-produk TIK yang lebih canggih. Jika dimanfaatkan seoptimal
mungkin, ia dapat membawa nuansa dan perspektif baru dalam dunia pendidikan
yang dapat mengakselerasi peningkatan mutu pendidikan. Selain dimanfaatkan
untuk menunjang kegiatan administratif, produk TIK telah banyak digunakan untuk
membantu proses pembelajaran, khususnya di negara-negara maju dan negara
tetangga seperti Singapura dan Malaysia.
Ada beberapa perangkat lunak/ fasilitas TIK
yang digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris, yaitu (1) CD-ROM; (2)
Internet; (3) Sistem Manajemen Pembelajaran; (4) Authoring Program/Template
Pengembangan Bahan Ajar; (5) TV Edukasi.
- Penerapan
Tik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar
Teknologi merupakan produk kreatif manusia untuk memenuhi
berbagai keperluan hidup secara efektif. Internet telah memengaruhi pola berkomunikasi
antarmanusia dalam dunia maya. Melalui internet, setiap orang dapat
berkomunikasi. Bahkan, dunia pendidikan pun tidak luput untuk memanfaatkannya
sehingga kelas maya dapat tercipta.
Internet menawarkan banyak fasilitas untuk dunia
pendidikan. Fasilitas komunikasi yang disediakan internet telah memungkinkan
kelas online menjadi kenyataan dengan
mempergunakan halaman web berbasis teks, surat elektronik (e-mail), pertukaran
teks, dan suara secara langsung (Internet Relay Chat), dan berbagai
fasilitas multimedia interaktif. Dengan demikian, kegiatan belajar-mengajar
dapat dilaksanakan, baik yang bersifat tertunda (delayed, seperti melalui e-mail) maupun secara langsung atau instan
(real-time, misalnya melalui IRC dan audio-video conferencing). baru dan
memperkuat kemampuan mereka berbahasa Inggris.
Sebuah model pembelajaran yang berbasis TIK dapat dilaksanakan dengan baik apabila segala perangkatnya dapat disiapkan dengan baik pula. Salah satu perangkat yang tidak dapat dihindari adalah kemampuan pengajar mengenal berbagai program yang berkenaan dengan teknologi yang digunakan. Sebagaimana yang tersaji pada bagian topik, untuk setiap aspek keterampilan berbahasa, model pembelajaran keterampilan membaca dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat teknologi, baik yang bersifat interaktif maupun yang tidak. Tatarancang untuk model pembelajarannya tidak berbeda dengan model pembelajaran lainnya. Yang membedakannya terletak pada kegiatan belajar-mengajar.
Sebuah model pembelajaran yang berbasis TIK dapat dilaksanakan dengan baik apabila segala perangkatnya dapat disiapkan dengan baik pula. Salah satu perangkat yang tidak dapat dihindari adalah kemampuan pengajar mengenal berbagai program yang berkenaan dengan teknologi yang digunakan. Sebagaimana yang tersaji pada bagian topik, untuk setiap aspek keterampilan berbahasa, model pembelajaran keterampilan membaca dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat teknologi, baik yang bersifat interaktif maupun yang tidak. Tatarancang untuk model pembelajarannya tidak berbeda dengan model pembelajaran lainnya. Yang membedakannya terletak pada kegiatan belajar-mengajar.
Selain keterampilan membaca, TIK dapat dimanfaatkan untuk
meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis.
- Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan TIK dalam
Pendidikan
Kelebihan penggunaan TIK dalam pendidikan adalah (1) kelas
tidak membutuhkan bentuk fisik; (2) program dapat di-update secara cepat; (3) interaksi dapat bersifat real time; (4) Mengakomodasi seluruh proses belajar; (5) Dapat
diakses dari lokasi mana saja; (6) Materi dirancang secara multimedia; (7) Peserta
belajar terhubung keseluruh perputakaan dunia.
Kekurangan penggunaan TIK dalam pendidikan adalah (1) buruknya
perencanaan penggunaan sehingga tidak
sesuai kebutuhan; (2) pengguna tidak
mengenal secara baik sistem yang digunakan; (3) Permasalahan bendwidth yang
kecil.
Adapun hasil penelitian penggunaan TIK dalam pendidikan
adalah (1) kualitas siswa jauh lebih baik dibanding kelas kovensional; (2) siswa
antusias mengikuti dan menyelesaikan keseluruhan proses; (3) adanya tingkat
kepuasan pada siswa; (4) siswa dapat menyelesaikan seluruh fungsi sistem dengan
baik.
- Penerapan
Distance Learning
- Teknologi
Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh Perkuliahan Bahasa
Asing
Sistem Pendidikan Jarak Jauh merupakan suatu alternatif
pemerataan kesempatan dalam bidang pendidikan. Sistem ini dapat mengatasi
beberapa masalah yang ditimbulkan akibat keterbatasan tenaga pengajar yang berkualitas.
Pada sistem kuliah ini tenaga pengajar dan peserta didik tidak harus berada
dalam lingkungan geografi yang sama. Pada dasarnya ada empat kategori teknologi
yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan pendidikan jarak jauh yakni: (1) Audio (radio, telepon dan audio
conference); (2) Video (video conference,
aplikasi video on demand); (3) Data (berbasis pada jaringan computer); (4) Print
out; materi dicetak kemudian dikirimkan dengan metoda konvensional.
Model distance
learning merupakan salah satu metode belajar secara mandiri dan terus
menerus. Wheeler mengemukakan
bahwa pembelajaran jarak jauh tidak hanya pindah dari belajar dalam kelas, akan
tetapi lebih merupakan proses pergeseran paradigma dalam struktur dan budaya
pendidikan. Hal ini didasarkan pada premis bahwa siswa berada di pusat proses
belajar, dan belajar menurut kecepatan peserta didik, dengan tidak beranjak
dari tempat atau wilayah peserta didik. Kondisi ini merupakan salah satu
jawaban atau solusi untuk pemenuhan hak layanan pendidikan bagi semua lapisan
masyarakat yang secara geografis, maupun aktifitas tidak memungkinkan untuk
berada dalam satu kelas di waktu dan kesempatan yang sama dengan rekan-rekan
yang lain.
Pada pembelajaran e-learning
dalam hal ini distance lerning, internet
merupakan media yang bersifat multi-rupa. Internet dapat digunakan untuk berkomunikasi
secara interpersonal. Internet juga memiliki kemampuan memfasilitasi kegiatan
diskusi dan kolaborasi oleh sekelompok orang. Di samping itu, dengan
kemampuannya untuk menyelenggarakan komunikasi tatap muka (teleconference),
audiovisual sehingga dimungkinkan terselenggaranya komunikasi verbal maupun
non-verbal secara real-time.
Pada dasarnya cara
penyampaian atau cara pemberian (delivery system) dari distance learning, dapat
digolongkan menjadi dua, yaitu One way
communication (komunikasi satu arah)
dan Two way communication (komunikasi
dua arah).
Dalam distance learning, sistem dua arah ini juga dapat
diklasifikasikan menjadi dua, yaitu : (1) dilaksanakan melalui cara langsung (synchronous); (2) dilaksanakan melalaui cara tidak langsung (a-synchronous). Adapun karakteristik distance learning antara
lain: (1) memanfaatkan jasa teknologi elektronik; (2) Memanfaatkan keunggulan
computer; (3) menggunakan bahan ajar bersifat mandiri (self learning materials); (4) memanfaatkan jadwal pembelajaran,
kurikulum, hasil kemajuan belajar dan hal-hal yang berkaitan dengan
administrasi pendidikan
Penerapan TIK dalam pembelajaran jarak jauh (distance
learning) perkuliahan bahasa asing adalah teknologi e-learning dan email,
moodle, teacher develompment Interactive, Java, Scripting, dan Internet
Database. Pada penggunaan sistem ini umumnya ini, instruktur dan peserta didik
tidak harus terletak pada lingkungan geografis yang sama.
Pendekatan sistem
pengajaran bahasa asing yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengajaran
secara langsung (real-time) ataupun dengan cara menggunakan sistem sebagai
tempat pemusatan pengetahuan (knowledge).
Adapun untuk Java secara khusus memiliki naungan Java dcourse yang memiliki aplikasi secara langsung dapat digunakan (1) Java Chat; (2) Java Whiteboard; (3) Java Projector; (4) Java Newsticker. Sedangkan untuk mengimplementasikan fungsi sistem sebagai tempat pemusatan knowledge, kita dapat menggunakan aplikasi manajemen dokumen.
Adapun untuk Java secara khusus memiliki naungan Java dcourse yang memiliki aplikasi secara langsung dapat digunakan (1) Java Chat; (2) Java Whiteboard; (3) Java Projector; (4) Java Newsticker. Sedangkan untuk mengimplementasikan fungsi sistem sebagai tempat pemusatan knowledge, kita dapat menggunakan aplikasi manajemen dokumen.
- Pembelajaran
Pelafalan Bahasa Indonesia dalam Pemerolehan Bahasa Kedua untuk Penutur
Asing Melalui Distance Learning
Media dalam pembelajaran BIPA disiapkan agar dapat
mempermudah pengajar untuk mengajarkan bahasa Indonesia kepada penutur asing.
Penutur asing pun dapat dengan mudah memahami materi yang dipelajari. Dalam
kegiatan pembelajaran yang ditujukan bagi penutur asing, media lebih banyak
bertindak sebagai bahan ajar. Media yang disiapkan dalam setiap pembelajaran
dapat mempertinggi hasil belajar yang akan dicapai karena informasi yang
disampaikan kepada penutur asing akan lebih mudah dicerna. Hal ini sesuai
dengan fungsi dan manfaat media itu sendiri.
Teori pembelajaran jarak jauh (distance learning) ini merupakan sebuah
alternatif dalam mempelajari bahasa karena banyaknya keterbatasan, misalnya
keterbatasan waktu, keterbatasan biaya, dan sebagainya. Dalam masa teknologi canggih
seperti sekarang ini, semua yang sangat tidak mungkin dapat menjadi mungkin
dengan adanya teknologi canggih, yaitu dunia virtual atau dunia maya (Virtual
sendiri berarti ”it looks like real but unreal”). Sehingga, salah satu
alternatif pembelajaran jarak jauh bisa di tempuh dengan adanya ”e- learning”
atau ”electronic learning”, yaitu pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan
media elektronik, yaitu komputer.
Pembelajaran ini seperti pembelajaran seperti umumnya,
akan tetapi orang- orang yang berdiskusi di situ tidak secara langsung bertatap
muka, tapi bertatap muka dengan media computer, internet, dan juga mempunyai
metode sinkronus (synchronous) dan
asinkronus (asynchronous).
Synchronous termasuk chat, VoIP (Voice over Internet Protocol), dan juga
video conferensi. Sedangkan pada metode asynchronous,
hanyalah email dan forum yang digunakan. Produksi dari rekaman audio/ video
yang sama dapat dilakukan dalam kualitas yang beragam, koresponsi pada
kecepatan transmisi yang juga beragam.
Pelajaran Pelafalan Bahasa Indonesia merupakan salah satu
elemen pembelajaran Bahasa Indonesia karena sangatlah sulit bagi penutur asing
untuk menyebutkan pelafalan Bahasa Indonesia. Hal ini tidak bisa dilakukan
hanya dengan membaca buku pelafalan Bahasa Indonesia, dan juga tidak bisa juga
mengikuti berdasarkan film- film yang berbahasa Indonesia.
- Penerapan Tik dalam
Pembelajaran Jarak Jauh dalam Pendidikan Bahasa Inggris
Untuk bahasa Inggris sendiri, banyak kemudahan yang
didapatkan melalui pembelajaran ini, melalui internet, kaset, siaran TV
edukasi, belajar bahasa Inggris tidak harus duduk dan bertatap muka dalam kelas
dengan pengajar. Ujian pun diberikan setelah siswa mendapatkan materi, lalu
diberikan kuis atau ujian yang harus dikerjakan siswa. Dengan ‘chat
room’, siswa dapat berkomunikasi secara online dan mempraktekkan bahasa Inggris
mereka. Latihan pengucapan pun ditampilkan dalam bentuk video.
Bila dibatasi pada web
based distance learning maka pengguna atau dalam hal ini guru dan murid
memerlukan fasilitas internet untuk tetap menjaga konektivitas dengan distance learning tersebut. Kemampuan
peserta untuk tetap menjaga connectivity
menentukan bagi kesinambungan suatu sistem pendidikan jarak jauh. Dengan cara
inilah kita dapat menciptakan suatu internet
based community di Indonesia. Suatu sistem pendidikan jarak jauh dapat kita
sederhanakan dan formulasikan materi pendidikan + teknologi untuk
berinteraksi + guru = pembelajaran bagi murid.
Guru sebagai fasilitator dan siswa berperan aktif.
Jadi guru dituntuk untuk menyajikan bahan ajar yang menarik, dan siswa harus
aktif. Infrastuktur dalam pendidikan jarak jauh diantaranya adalah: (1) Jaringan
Internet :Jaringan Informasi Sekolah (JIS); WAN Kota (Wide Area
Networks); (2) CT Center: (Information
and Communication Technology Center)
; (3) Jaringan Intranet/Internet; (4)
Program TV Edukasi TV Edukasi : Receiver
TVE; (5) Relay TVE; (7) Receiver,
Relay dan Studio Mini TVE.
- Penerapan TIK
Dalam Pembelajaran Jarak Jauh dalam Pendidikan Bahasa Jepang
Pengertian e-Learning atau pembelajaran elektronik sebagai salah satu
alternatif kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui pemanfaatan teknologi
komputer dan internet. Seseorang yang tidak dapat mengikuti pendidikan
konvensional karena berbagai faktor penyebab, misalnya harus bekerja (time constraint), kondisi geografis (geographical constraints), jarak yang
jauh (distance constraint), kondisi
fisik yang tidak memungkinkan (physical
constraints), daya tampung sekolah konvensional yang tidak memungkinkan (limited available seats), phobia
terhadap sekolah, putus sekolah, atau karena memang dididik melalui pendidikan keluarga
di rumah (home schoolers)
dimungkinkan untuk dapat tetap belajar, yaitu melalui e-Learning.
Penyelenggaraan e-Learning sangat ditentukan antara lain oleh: (a) sikap
positif peserta didik (motivasi yang tinggi untuk belajar mandiri); (b) sikap
positif tenaga kependidikan terhadap teknologi komputer dan internet; (c)
ketersediaan fasilitas komputer dan akses ke internet; (d) adanya dukungan
layanan belajar; (e) biaya akses ke internet yang terjangkau untuk kepentingan
pembelajaran/pendidikan.
Perkembangan di berbagai negara memperlihatkan bahwa jumlah pengguna
internet terus meningkat; demikian juga halnya dengan jumlah peserta didik yang
mengikuti e- Learning dan institusi
penyelenggara e-Learning. Fungsi e-Learning dapat sebagai pelengkap atau
tambahan, dan pada kondisi tertentu bahkan dapat menjadi alternatif lain dari
pembelajaran konvensional. Peserta didik yang mengikuti kegiatan pembelajaran
melalui program e-Learning memiliki pengakuan yang sama dengan peserta didik
yang mengikuti kegiatan pembelajaran secara konvensional.
Peserta didik maupun dosen/guru/instruktur dapat memperoleh manfaat dari penyelenggaraan e-Learning. Beberapa di antara manfaat e-Learning adalah fleksibilitas kegiatan pembelajaran, baik dalam arti interaksi peserta didik dengan materi/bahan pembelajaran, maupun interaksi peserta didik dengan dosen/guru/ instruktur, serta interaksi antara sesama peserta didik untuk mendiskusikan materi pembelajaran.
Peserta didik maupun dosen/guru/instruktur dapat memperoleh manfaat dari penyelenggaraan e-Learning. Beberapa di antara manfaat e-Learning adalah fleksibilitas kegiatan pembelajaran, baik dalam arti interaksi peserta didik dengan materi/bahan pembelajaran, maupun interaksi peserta didik dengan dosen/guru/ instruktur, serta interaksi antara sesama peserta didik untuk mendiskusikan materi pembelajaran.
Lembaga pendidikan konvensional (universitas, sekolah, lembaga-lembaga
pelatihan, atau kursus-kursus yang bersifat kejuruan dan lanjutan) secara
ekstensif telah menyelenggarakan perluasan kesempatan belajar bagi ‘target audience’ mereka melalui pemanfaatan
teknologi komputer dan internet. Seiring dengan hal ini, peserta didik usia sekolah
yang mengikuti kegiatan pembelajaran elektronik juga terus meningkat jumlahnya.
Contoh penerapan e-Learning adalah pembelajaran bahasa Jepang jarak jauh.
Pembelajaran tersebut dilakukan dengan menggunakan internet. Biasanya dilakukan
dengan chatting dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar